KELOMPOK 26 KKNT UNIVERSITAS HASYIM ASY'ARI 2020

PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 

Melaksanakan Program Pembagian Sembako Kepada Masyarakat Terdampak COVID -19 di Desa Candimulyo

           

Jombang - Mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (UNHASY) telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sekaligus untuk memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang tidak didapatkan dibangku kuliah. Pelaksanaan KKNT tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 sehingga hanya dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat dan program-program khusus yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terdampak COVID-19.



Kegiatan KKNT 2020 ini dilaksanakan pada tanggal 15-30 Agustus 2020.  Pembukaan dan pemberangkatan KKNT Unhasy 2020 ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live Streaming Youtube yang di pimpin oleh Bapak Rusli Ilham Fadli, M.Pd. dan di ikuti oleh seluruh mahasiswa KKNT Unhasy 2020. Tema KKN Tematik Universitas Hasyim Asy'ari 2020 ini bertemakan "Peran Universitas Hasyim Asy'ari dalam Meringankan Beban Masyarakat Terdampak Pandemi COVID-19" dengan tujuan :

  1. Mendukung dan menguatkan program penanggulangan dan pencegahan Covid- 19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
  2. Meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UNHASY dalam meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak COVID- 19.
  3. Mengimplementasikan KKN Tematik UNHASY di masa pandemik COVID-19

Ada beberapa pilihan program untuk pelaksanaan KKNT Unhasy 2020 kali ini, program-program tersebut diantaranya adalah pemberian bantuan sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19, pembuatan dan pendistribusian APD, menjadi Relawan COVID-19 di kampung tangguh, melakukan edukasi pada masyarakat tentang penanggulangan COVID-19, melakukan pendampingan pembelajaran daring pada tingkat satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA, SMK/MA) di masa COVID-19.

Dalam pelaksanaan KKNT Unhasy 2020 ini saya memilih program pembagian sembako kepada warga terdampak COVID-19, diharapkan dengan adanya program  ini dapat meningkatkan kepedulian dan kemampuan mahasiswa mempelajari dalam mengatasi permasalahan di lingkungan sekitar serta membantu masyarakat dan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan dalam meringankan beban masyarakat khususnya bidang ekonomi. Pelaksanaan program KKN Tematik Unhasy 2020 ini betupa penyaluran sembako dengan tujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak COVID- 19 sehingga memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.



Pelaksanaan program kegiatan KKN Tematik Unhasy 2020 ini dimulai dari tanggal 15 Agustus 2020 sampai dengan 15 September 2020 di lokasi Jl. Kemuning Desa Candimulyo Kecamatan Jombang serta menjelaskan secara sederhana mengenai pembagian sembako pada sebagian masyarakat. Pembagian sembako ini dilakukan tepatnya pada tanggal 26 Agustus 2020.



Proses pembagian sembako ini terlaksana dengan lancar dengan dibantu oleh Perangkat Desa Candimulyo. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa mereka yang menjadi korban dari wabah COVID 19 ini merasa terbantu atas adanya program pembagian sembako oleh Mahasiswa KKN Tematik Unhasy 2020. Masyarakat desa Candimulyo ini memiliki latar belakang perekonomian yang berbeda-beda. Ada yang sebagai pedagang, buruh tani, buruh pabrik, tukang pijat, kuli, dll yang mengeluhkan   dampak akibat COVID 19 ini. Sebagian mereka merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

KKNT Unhasy 2020 di Desa Candimulyo, Jombang terlaksana dengan lancar, baik saat dalam bimbingan maupun proses pelaksanaan dilapangan.. Dalam masa pandemi ini semua lapisan masyarakat harus bisa menjaga dirinya sendiri, keluarganya maupum orang lain dengan menaatai aturan yang telah dibuat oleh pemerintah yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Aturan ini harus benar-benar bisa kita jalankan dan semua ini dimulai dari diri kita sendiri sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Keadaan ekonimi masyarakat saat ini benar-benar menurun, maka kesadaran dalam diri kita dalam kepudian terhadap sesame harus ditanamkan karena masih banyak masyrakat yang membutuhkan uluran tangan kita.

 

 

Komentar